ANAK MUDA JAYAWIJAYA BELAJAR BIKIN FILM DOKUMENTER

21film-dokumeneternogarapapua.wordpress.com – Hampir seminggu terakhir sepuluh anak muda Kabupaten Jayawijaya mengikuti pelatihan membuat film dokumenter yang digelar komunitas Papuan Voices dan bekerja sama dengan Yayasan Teratai Hati Papua (YTHP).

Fasilitator kegiatan F.X. Making materi pelatihan yang diadakan adalah video dokumenter advokasi, menggali ide cerita dengan prinsip SMART (Specific, Measurable, Attaineble, Realistic, Timely) atau spesifik, terukur, realistis, relevan dan berjangka waktu, serta menulis konsep dan skrip film, mengenal tipe-tipe shoot dan mempelajari editing.

“Semua materi yang diberikan disertai dengan menonton film sebagai contoh, sembari peserta belajar menganalisa film tersebut berdasarkan jenis film, inti cerita, tipe shoot dan editing,” katanya kepada Jubi di Wamena, (2/6/2017).

Selain teori dasar pengambilan gambar untuk sebuah film, peserta juga dilatih menulis ide cerita dan mengenal kamera dengan praktik langsung ke lapangan.

“Nantinya diharapkan akan ada beberapa film yang dihasilkan oleh peserta. Hasil karya mereka akan diikutsertakan dalam festival film Papua yang akan diselenggarakan oleh Papuan Voices tahun ini di Merauke,” katanya.

Fasilitator lainnya, Ence Geong dari YTHP mengakui, tema yang dipilih dalam kegiatan tersebut yaitu manusia dan alam dengan fokus mengangkat persoalan hidup orang asli Papua.

“Ini juga untuk menumbuhkan minat anak-anak muda di Jayawijaya ini untuk berkreasi dalam seni perfilman dan peserta yang ikut pun beragam mulai dari remaja hingga dewasa,” kata Ence. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s